Widget HTML Atas

Pentingnya Kebersihan dalam Kehidupan

kebersihan,kebersihan lingkungan,kebersihan sebagian dari iman,kebersihan rumah,kebersihan lingkungan sekitar merupakan tanggung jawab, virus korona, korona, virus corona, corona, COVID-19


Selalu menjaga kebersihan setiap saat merupakan anjuran yang sebaiknya dilakukan oleh setiap umat manusia di kehidupan sehari- hari karena dengan selalu menjaga kebersihan, kita dapat merasakan manfaat yang berlimpah, dimulai dari diri sendiri, orang lain, bahkan lingkungan sekitar. Apabila kita jarang menjaga kebersihan maka akan menimbulkan berbagai jenis masalah, seperti penyakit, perasaan tidak nyaman, lingkungan yang terlihat kotor, dsb. Maka dari itu, sebagian besar orang di dunia ini menyukai lingkungan yang bersih nan sehat. Namun, hal ini agak bertentangan dengan situasi yang ada di sebagian negara, seperti di India loh, yang dimana di negara tersebut sering kali terlihat penyajian makanan yang disajikan oleh beberapa tempat makan yang dibuat dengan tangan atau kaki tanpa peralatan khusus. Agar kita tetap terhindar dari segala masalah yang mungkin timbul ketika tidak menjaga kebersihan, sebaiknya mulai dari sekarang dan seterusnya untuk terus menjaga kebersihannya ya. 

Hadits Pentingnya menjaga kebersihan dalam Islam

Apabila anda hidup dalam lingkungan yang mayoritasnya beragama Islam, mungkin anda pernah mendengar perkataan 'kebersihan sebagian dari iman' ya, atau dalam bahasa arab nya dari sebuah hadits: 

النَّظَافَةُ مِنَ الْإيْمَانِ

yang berarti "Kebersihan Sebagian dari Iman", dan tercantum dalam kitab - kitab hadis. Al- 'Iraqi dalam takhrij Ahadits al-Ihya' 1/73 menginformasikan hadis dengan lafadz semacam di atas diriwayatkan oleh Imam at- Thobrany dalam Al-Ausath dengan sanad yang dho'if jiddan (sangat lemah) dari jalur periwayatan melalui Ibnu Mas'ud ra. Banyak ulama yang juga berpendapat bahwa hadits itu tergolong kepada hadits dho'if, seperti yang disampaikan Al 'Iraqi dalam takhrij Ahadits al-Ihya' 1/73. Begitu juga Ibnu Hibban dalam Ad Dhu'afa.

Akan tetapi, kalimat “Kebersihan Sebagian Dari Iman” adalah ungkapan yang baik, karena didukung sebuah hadits yang menurut Imam Suyuthi berstatus hasan, yakni sabda Nabi SAW : “Sesungguhnya Allah SWT adalah baik dan mencintai kebaikan, bersih dan mencintai kebersihan, mulia dan mencintai kemuliaan, dermawan dan mencintai kedermawanan. Maka bersihkanlah halaman rumahmu dan janganlah kamu menyerupai orang Yahudi.” (HR. Tirmidzi) (Lihat Imam As-Suyuthi, Al-Jami Ash-Shaghir, I/70;

Adapun hadis yang menganjurkan kita untuk menjaga kebersihan dengan 5 macam fitrah yang diterangkan dalam hadis dari Abu Hurairah radihiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Ada 5 macam fitrah, yaitu khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak." (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain itu, diriwayatkan Abu Hurairah r.a. Beliau berkata, Rasullullah SAW bersabda, "Jika aku tidak menjadikan berat umatku, maka sungguh aku perintahkan bersiwak (menggosok gigi) setiap hendak shalat". (HR Bukhari).

"Bersiwak itu akan membuat mulut bersih dan diridhoi oleh Allah." (HR. An Nasa'i, Ahmad).

Oleh karena itu, selain menjaga kebersihan, kita dapat juga menjaga kesehatan untuk mengurangi resiko terkena penyakit, apalagi dengan adanya situasi pandemi saat ini yang disebabkan oleh virus korona atau COVID-19 yang menyebabkan seluruh umat manusia untuk lebih waspada dari sebelumnya dan menjalankan segala protokol - protokol kesehatan yang berlaku untuk mengurangi resiko tertularnya virus korona.


Protokol Kesehatan Virus Korona atau COVID-19

Protokol kesehatan yang wajib anda ketahui dan ikuti karena situasi pandemi COVID-19 adalah sebagai berikut:

  1. Selalu menggunakan masker setiap saat keluar rumah dan saat bertemu dengan orang lain
  2. Menjaga kebersihan tangan dengan cara mencuci tangan dengan sabun
  3. Usahakan untuk tidak menyentuh area yang rentan masuknya infeksi COVID-19 seperti muka, mata, dan mulut
  4. Apabila anda batuk atau bersin dan tidak membawa tisu, usahakan untuk menutupinya dengan lengan atas bagian dalam.
  5. Selalu jaga jarak dengan orang lain dengan jarak minimal 1 meter
  6. Selalu menjaga kesehatan dengan berolahraga, mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi untuk menambah imunitas anda
  7. Apabila anda merasa tidak enak badan, sebaiknya anda mengisolasi diri anda sendiri dan apabila anda bekerja, usahakan untuk mengajukan permintaan WFH (Work From Home) ke atasan anda.  

Apabila Anda Merasa Tidak Sehat dengan kriteria:

  1. Demam 38 derajat Celcius
  2. Batuk
  3. Kesulitan bernafas
Jika anda mengalami 3 kriteria diatas, segera berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) seperti rumah sakit terdekat.

Dengan mengikuti seluruh protokol kesehatan COVID-19 saat ini, dan selalu menjaga kesehatan maka tingkat kesehatan dan resiko untuk terkena penyakit akan berkurang dan anda akan mendapat berbagai keuntungan ketika selalu menjaga kesehatan dan kebersihan.


Keuntungan Menjaga Kebersihan dan Kesehatan

  1. Terhindar dari penyakit menular
    Ketika anda rutin menjaga kebersihan dan kesehatan, maka anda akan mengurangi resiko terkena berbagai penyakit menular.

  2. Terhindar dari banjir
    Apabila anda memiliki lingkungan yang bersih, tentu saja jalur tempat pembuangan air atau selokan yang ada di sekitar rumah anda akan menjadi lebih bersih sehingga memperlancar aliran air di selokan dan mengurangi resiko terjadinya banjir

  3. Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani
    Selain meningkatkan kesehatan jasmani dalam menjaga kebersihan dan kesehatan dapat pula meningkatkan kesehatan rohani, karena ketika anda memiliki kesehatan jasmani yang kuat maka akan memberikan energi yang positif dan juga suasana lingkungan yang positif juga.

  4. Lingkungan menjadi lebih rapi dan nyaman untuk ditempati
    Karena lingkungan rutin dibersihkan, maka akan terlihat lebih rapi nan asri, nyaman, dan enak tuk dipandang mata.

  5. Meningkatkan produktifitas
    Perubahan energi positif yang didapatkan ketika memiliki lingkungan yang bersih dan sehat akan membuat produktifitas anda meningkat.

  6. Meningkatkan mood
    Melihat keadaan yang bersih dan sehat dapat juga meningkatkan mood anda menjadi lebih positif.

  7. Hidup teratur
    Rutinitas menjaga kebersihan dan kesehatan akan membuat hidup anda menjadi lebih teratur, karena anda akan memiliki kebiasaan untuk bersih - bersih, dan selalu menjaga kesehatan anda.

  8. Menjaga kesehatan kulit
    Selalu rutin menjaga kesehatan dan mengatur pola makan yang sehat akan membuat kesehatan kulit anda menjadi optimal.

  9. Berat badan terjaga
    Selain kesehatan kulit, berat badan anda juga menjadi terjaga apabila anda makan makanan yang cukup, bergizi dan diimbangi dengan olahraga yang teratur.

  10. Meningkatkan kepercayaan diri
    Apabila anda menerapkan hal - hal diatas, maka anda akan mendapat hasil yang memuaskan dan dapat meningkatkan kepercayaan diri anda, sehingga anda dapat tampil dengan lebih percaya diri.

Tempat - Tempat yang sebaiknya dibersihkan

Setelah mengerti berbagai macam keuntungan yang dapat anda peroleh, pastinya mau dong untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatannya setiap saat. Untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan ada beberapa tempat yang wajib anda jaga kebersihannya untuk selalu menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai masalah, seperti:

1. Kebersihan Lingkungan

Kebersihan lingkungan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk di dalamnya, debu, sampah dan bau. Sehinga menjaga kebersihan lingkungan adalah suatu hal yang penting agar tetap menjaga keadaan terlihat sejuk dan rapi.

2. Kebersihan Rumah

Kebersihan rumah adalah menciptakan lingkungan rumah yang sehat sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit seperti demam berdarah, muntaber, dan lainnya. 

3. Kebersihan Kamar Mandi

Walaupun kamar mandi adalah tempat dimana kita melakukan kerbersihan yang seharusnya menjadi tempat yang bersih, namun kamar mandi menjadi salah satu tempat bersarangnya kuman dan bakteri yang dapat menimbulkan berbagai penyakit karena sisa - sisa kotoran yang masih menempel di area permukaan kamar mandi. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, anda dapat menggunakan cairan pembersih kamar mandi Cleanzie Power Clean yang dapat mengupas tuntas segala karat atau kerak yang menempel pada keramik atau logam pada area permukaan kamar mandi. Jika anda tertarik anda dapat mengunjungi link berikut ini untuk mendapatkan harga diskon khusus:

Promo Cleanzie Power Clean 


16 Cara menjaga Kebersihan dan Kesehatan

Lalu, bagaimana caranya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan dimulai dari kebersihan lingkungan, kebersihan rumah, dan kebersihan kamar mandi? di pembahasan berikut ini, akan dijelaskan tips yang dapat anda lakukan untuk tetap melestarikan kebersihan dan kesehatan:

1. Selalu memberikan contoh yang baik kepada masyarakat sekitar tentang bagaimana menjaga kebersihan lingkungan yang baik, seperti menyapu halaman rumah.

2. Apabila memungkinkan libatkan juga tokoh masyarakat yang berpengaruh untuk memberi arahan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, seperti ketua RT/RW

3. Tidak lupa juga untuk mengikutsertakan pemuda - pemuda yang ada di lingkungan

4. Sediakan tempat sampah untuk membuang sampah agar tidak berserakan yang dapat pula membuat banjir apabila membuang sampah sembarangan di selokan ataupun sungai.

5. Selalu memilah antara sampah organik dan sampah non organik agar sampah terpisah dan dapat mempermudah proses daur ulang, dan dapat pula mendaur ulang sampah menjadi pupuk kompos.

6. Ikut serta dalam kegiatan kerja bakti atau gotong royong yang diadakan di lingkungan sekitar.

7. Apabila memiliki waktu lebih, usahakan untuk ikut serta dalam proses reboisasi atau penghijauan, seperti menanam tanaman atau pohon agar lingkungan menjadi lebih sejuk, dan dapat juga mengurangi pemansan global.

8. Membersihkan dan menata kembali tempat tidur setelah bangun tidur agar terlihat rapi

9. Mandi untuk membersihkan diri dan mencuci baju setiap hari

10. Cuci piring, dan bersihkan kotoran yang ada pada meja makan setelah makan.

11. Selalu melepas alas kaki, seperti sandal atau sepatu ketika anda hendak memasuki rumah.

12. Rutin membersihkan rumah minimal 2 hari sekali untuk menyapu dan mengepel.

13. Bersihkan area - area permukaan kamar mandi yang kotor, dan sering disentuh.

14. Menjaga seluruh permukaan kamar mandi agar tetap kering

15. Apabila anda menggunakan toilet duduk, tutup toilet ketika menyiram toilet

16. Menyediakan tempat sampah dan keranjang untuk pakaian kotor di sekitar kamar mandi


Ya, itu adalah serangkaian kegiatan yang dapat anda lakukan agar dapat terus melestarikan kebersihan dan kesehatan di lingkungan, rumah, maupun kamar mandi. Dalam keadaan pandemi yang seperti ini, semoga kita semua selalu terhindar dari segala macam penyakit terutama virus korona atau COVID-19 dengan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan.

Tidak ada komentar untuk "Pentingnya Kebersihan dalam Kehidupan"